Sabtu, 21 Juni 2008

Tugas Psikologi

1. Mengapa psikologi pendidikan menjadi sangat penting untuk difahami dan diterapkan oleh guru, saat memfasilitasi pembelajarannya?
2.Berikan informasi lebih lengkap tentang proses psikologi yang berpengaruh pada proses belajar , seperti “ motivasi “, “ perasaan ”, “ ingatan “, “ fantasi “, “ perhatian “, “pengamatan”, “ “tanggapan”,
Motivasi adalah segala sesuatu yang menjadi pendorong tingkah laku yang menuntut / mendorong orang untuk memenuhi suatu kebutuhan. Dan sesuatu yang dijadikan motivasi itu merupakan suatu yang telah diputuskan oleh suatu individu sebagai suatu kebutuhan / tujuan yang nyata ingin dicapai.
Perasaan sbagai fungsi jiwa adalah mempunyai arti menilai terhadap situasi dimana dengan kita terpadu secara pribadi. Situasi-situasi yang menyenangkan kita nilai secara positif, sedangkan situasi-situasi yang tidak menyenangkan kita nilai negatif. Disamping itu tentu saja masih ada kemungkinan-kemungkinan bentuk kontak yang sedikit banyak bersifat netral.
Tertinggalnya bekas – bekas yang lampau, meskipun tidak selalu ada secara sadar, namun masih dapat ditimbulkan kembali dalam kesadaran; inilah yang merupakan esensidari apa yang kita sebut: ingatan.
Fantasi ialah suatu daya jiwa untuk menciptakan tanggapan – tanggapan yang sudah ada pada diri kita, jadi cirri khas dari gejala jiwa ini adalah unsure menciptakan yang baru dalam jiwa.
Perhatian adalah suatu aktifitas jiwa yang bertugas selektif terhadap rangsangan – rangsangan yang sampai kepada kita.
Pengamatan / Persepsi adalah aktifitas jiwa yang memungkinkan manusia untuk mengenali rangsangan – rangsangan yang sampai kepadanya melalui alat – alat inderanya ; dengan kemampuan inilah kemungkinan manusia / individu mengenali millieu hidupnya.
Tanggapan adalah bayangan / kesan kenangan dari pada apa yang pernah kita amati / kenali. Selama tanggapan – tanggapan itu berada dalam bawah sadar kita sebut; tanggapan laten , sedangkan tanggapan – tanggapan yang berada dalam kesadaran kita disebut : tanggapan aktuil.

Tidak ada komentar: